Tentang Kami

Universitas 45 Surabaya, didirikan oleh Yayasan Perjuangan 45 pada tanggal 22 Januari 1985 dengan akta nomor : 67, dibuat di Surabaya di hadapan Djoko Soepono,S.H.,

Universitas 45 Surabaya merupakan perguruan tinggi swasta yang telah berdiri lebih dari 32 tahun dan sampai dengan saat sekarang tetap survive serta tetap diakui masyarakat dan pemerintah sebagai salah satu universitas swasta yang masih eksis di Jawa Timur khususnya di Surabaya dan di Indonesia pada umumnya.


Berdasarkan hal tersebut diharapkan Universitas 45 Surabaya sebagai perguruan tinggi mampu mencetak mahasiswanya menjadi kader berkualitas dengan bekal jatidiri Bangsa Indonesia yang bermoral dan berakhlak mulia, dengan kata lain mahasiswa Universitas 45 Surabaya mempunyai karakter, watak, semangat, faham, kesadaran sebagai sumber kekuatan untuk bertindak/mengekspresikan dirinya dalam berbagai kehidupan dengan berideologi Pancasila, sekaligus mempunyai nasionalisme dan patriotisme yang tinggi.


Selain hal itu pimpinan Yayasan Perjuangan 45, Rektor dan Dosen serta Karyawan Universitas 45 Surabaya bertekad menghasilkan lulusan yang mampu mencapai standar mutu dan memenuhi harapan serta kebutuhan kepuasan stakeholder melalui :

  1. Pengembangan dan penerapan sistem penjaminan mutu internal perguruan tinggi;

  2. Peningkatan kompetensi sumber daya manusia di bidang akademik, manajemen dan kewirausahaan;

  3. Peningkatan kinerja melalui pencapaian sasaran mutu yang ditetapkan.

Gagasan pendirian Universitas 45 Surabaya sebagai MONUMEN HIDUP, telah dicetuskan pada tanggal 9 Juli 1984, setelah :

Studi kelayakan dan disusun proposal oleh Drs. Bambang S. Wihono dan R. Soenarko

Persetujuan tertulis dari Jend. Purn Soerono, Menko Polkam/Ketua DHN Angkatan 45 no. 022/SETJEN/1/1985 tanggal 30 Januari 1985, termasuk pemberian ijin penggunaan lahan 2 (dua) hektar untuk pembangunan kampus, maka DHD Angkatan 45 Jawa Timur di Surabaya dengan Skep No. 01/Um/II/1985 tanggal 3 Pebruari 1985. Kemudian pendirian tersebut mendapat persetujuan dari Gubernur KDH Tk. I Jawa Timur dengan suratnya No. 421.4/7467/035/1985 tanggal 7 Mei 1985. Disamping itu untuk mengelola Universitas tersebut DHD 45 Jawa Timur membentuk Yayasan Universitas 45 Surabaya dengan akte notaris Djoko Soepadmo, SH., No. 67 tanggal 22 Januari 1985 dengan Ketua Soedjono Hamidjojo (Ketua DHD 45 Jawa Timur pada waktu itu).

Karena persyaratannya telah dipenuhi semua, maka dengan upacara yang khidmad dilakukan peresmian pendirian Universitas 45 Surabaya oleh Menko Polkam / Ketua DHN Angkatan 45, Jend Purn. Soerono pada tanggal 2 September 1985 dengan disaksikan oleh Muspida Tk. I Jawa Timur, Walikota Kepala Daerah Tingkat II Kodya Surabaya, Koordinator Kopertis Wilayah VII Jawa Timur, para pejabat Tingkat I dan II, para eksponen Angkatan 45 dan undangan lainnya.

Peresmian Universitas 45 Surabaya tersebut dibarengi dengan pengukuhan jabatan Rektor, Pembantu Rektor I, II dan III serta Dekan Fakultas Ekonomi, Fakultas Psikologi dan Fakultas Teknik, dengan pengalungan gordon oleh Wakil Gubernur KDH Tk. I Jawa Timur dan penyerahan Panji Universitas oleh Pangdam V Brawijaya.